Subscribe:

Senin, 10 Desember 2012

Membuka Sanggar Senam



Sanggar adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan suatu kegiatan. Selama ini suatu tempat dengan nama "sanggar" biasa digunakan untuk kegiatan sebagai berikut: (1) sanggar seni: tempat untuk belajar seni (lukis, tari, teater, musik, kriya/kerajinan, dll.); (2) sanggar anak :  tempat untuk anak-anak belajar suatu hal tertentu di luar kegiatan sekolah. Selain itu juga ada sanggar senam, yaitu tempat untuk senam erobik, pada umumnya, untuk kaum hawa.

Sanggar mencakup seluruh proses dari awal hingga akhir yaitu mencakup proses pengenalan (biasanya melalui workshop/pelatihan singkat), pembelajaran, penciptaan atau membuat karya, dan produksi. Contoh: pembelajaran melukis, membuat karya lukis kemudian pameran, penjualan/pelelangan semua dilakukan di dalam sanggar. 

Di sanggar senam, proses pembentukan tubuh untuk anggota baru tidak dimulai dari awal. Kemampuan tiap anggota tidak setaraf.  Biasanya instruktur senam tidak membedakan mana kelas pemula-mahir atau junior-senior. Bagi pemula yang baru pertama bergabung akan terpaksa bergerak pontang – panting mengikuti ritme yang disuguhkan instruktur. Mereka mulai melakukan senam langsung ke tingkat 3-begitu kalau boleh saya memberi  peringkat. Namun, bila anggota mampu dengan cepat beradaptasi, maka gerakan senam  yang benar dapat dikuasai dan ia dengan sendirinya meningkat ke jenjang mahir. Khusus kelas instruktur, biasanya latihan gerakan high impact dan kombinasi rumit sudah otomatis dilakukan di sanggar – sanggar tertentu yang membuka kelas instruktur.

Di wilayah Kecamatan Bekasi Timur tercatat sejumlah sanggar senam :
1. Sanggar Adni, Griya Asri
2. Sanggar Bunda, Jl. Raya Setia Mekar 
3. Sanggar Chika, Rawa Lumbu
4. Sanggar Chen Chen, Perumnas 3
5. Sanggar Greta, Wisma Jaya
6. Sanggar Polimer, Polimer
7. Sanggar Portius, Perumnas 3
8. Sanggar Prima, Perumnas 3
9. Sanggar Rici Club, Bekasi Timur Regency
10. Sanggar Sinta, Wisma Jaya
11. Sanggar Studio 63, Perumnas 3
12. Sanggar Yokobento, Perumnas 3
13. Sanggar Vircap, Perumnas 3
14. Sanggar Virgo, Perumnas 3

Merujuk data tersebut, terlihat bahwa dalam satu wilayah (di sekitar Perumnas 3, Bekasi  Timur)  menjamur sanggar – sanggar yang lokasinya saling berdekatan. Mau tak mau persaingan merebut anggota sangat ketat.  Padahal materi yang diberikan, terutama untuk pemula relatif sulit. Tetapi peminat senam selalu ada. Merebaknya sanggar senam itu menunjukkan beberapa indikator. Pertama, kesadaran hidup sehat para kaum hawa meningkat, dan (2) ladang bisnis yang menjanjikan.  

Kalau menjadi ladang bisnis, mari kita sekilas merunut bagaimana membuka sebuah sanggar. Pilihan melakukan senam di sanggar juga menjadi penting karena eksklusif untuk para wanita. Mereka tidak merasa rikuh dengan pilihan lain untuk senam di  fitness center/gym yang bercampur dengan pria. Persiapan membuka sebuah sanggar pun tidak rumit.  Ruang kosong di rumah bisa dijadikan tempat latihan, semisal garasi mobil yang didesain khusus. Beberapa hal yang harus diperhatikan itu utamanya adalah persiapan segi peralatan, dekorasi/interior, promosi  dan  tentu saja kesiapan instruktur. 

Perlengkapan :
  1. Pemutar  musik erobik (CD player/computer/sound system)
  2. CD musik erobik  (koleksi puluhan keping CD erobik jadi bahan penting mengajar)
  3. Alat – alat senam (dumble, matras, mat, step bench, kursi, bangku, tongkat, bola)

Dekorasi/interior :
  1. Kaca (ukurannya minimal harus memenuhi satu bidang dinding)
  2. Ventilasi/AC yang memadai supaya sirkulasi udara mengalir lancar
  3. Lengkapi dengan ruang ganti dan kamar mandi yang bersih. Bila perlu pasang loker
  4. Memasang hiasan yang sesuai tema senam (piala kejuaraan senam, sertifikat kursus erobik, ijazah instruktur)
  5. Penerangan yang baik

Promosi :
  1. Cara yang mudah dan praktis adalah dari mulut ke mulut. Anda dapat melakukan promosi kepada kerabat, tetangga atau teman dekat bila Anda sekarang memiliki sanggar senam; 
  2. Penyebaran brosur;
  3. Pemasangan spanduk di depan sanggar senam Anda sehinggga mudah dilihat orang;
  4. Menawarkan ke kantor atau ibu-ibu di perumahan dan Anda juga bersedia apabila diundang untuk menjadi instruktur senam.

Instruktur

Dari hobi berangkat menjadi instruktur, apa salahnya? Selain memberi  apresiasi atas tubuh dan kemampuan sendiri, juga menjadikan seorang wanita itu meningkat ketrampilan dirinya, serta mampu menjaga staminanya. Jadi, bila sudah kadung maka ia harus meningkatkan hasrat di bidang ini dengan memperhatikan metode pengajaran instruktur lain, menciptakan koreografi  yang  variatif, menjalin silaturahmi dengan pemilik sanggar dan para instruktur, tetap belajar dan membaca referensi yang terkait. Syarat menjadi instruktur juga harus dikuasai sebelum turun ke lapangan atau ketika lulus pendidikan.  Setelah persiapan itu, sekarang, susun jadwal latihan yang konsisten. Tidak perlu ragu mengundang patner kerja sebagai instruktur tamu secara berkala di sanggar Anda sendiri. Tujuannya, memberinya selingan kepada anggota agar suasana tidak monoton. Memang harus dipilih yang dipercaya supaya anggota Anda tidak dibajak oleh instruktur tamu Anda itu.(*)



Referensi :