Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Di UI

  • Senin, 18 Maret 2013
  • rani nuralam
  • Label: ,



  • Buat sebagian orang Minggu pagi enaknya dihabiskan berlama – lama terikat di tempat tidur, tetapi sebagian lain pilih olah raga. Ada yang jalan santai, joging, bersepeda, main bulu tangkis, dan senam olah pernapasan. Sejak pagi buta sehabis shalat Subuh banyak orang turun ke kampus UI melakukan beberapa putaran jalan santai, joging, atau bersepeda. Yang bersepeda benar – benar terlihat ber-fun bike. Ya ndak serius – serius amat. Biar ada yang pakai mountain bike yang tokcer, tapi ada juga yang bersepeda sambil memboncengi anaknya dan menggenjot alon – alon asal kelakon. Yang bersepeda mini juga kelihatan asyik sendiri.

    Memang enak tinggal di Depok kalau ingin bersepeda atau berolahraga sudah ada tempat yang okeh dan dari segi jarak mudah dijangkau. Pihak Universitas Indonesia membuka tangan – bukan hanya untuk warga sekitar, tetapi juga masyarakat umum untuk berolahraga pada hari libur ini. Aktivitas ini pun sudah berlangsung bertahun – tahun.


    Tadinya lokasi Kampus Universitas Indonesia terpisah – pisah : Salemba, Rawamangun, dan Pegangsaan Timur. Karena tuntutan masyarakat, zaman, dan kecanggihan teknologi digagaslah sebuah kota universitas oleh Prof. Dr. Ir. Soemantri Brojonegoro selaku Rektor Universitas Indonesia pada masanya. Perealisasiannya baru terlihat tahun 1974 di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Mahar Mardjono dengan disetujuinya daerah antara Jakarta Selatan – Depok dengan luas tanah 320 ha sebagai lokasi baru kampus. Pembebasan tanah dimulai tahun 1975. Pembangunan jalan lingkar utama dalam kampus pada tahun 1979, lalu disusul dengan pembangunan gedung Politeknik tahun 1982. Tahun 1984 dilakukan proses pembangunan gedung – gedung hingga sekarang. Sejak tanggal 5 September 1987 Universitas Indonesia melakukan pindahan ke kampus baru di Depok. Akan tetapi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Pascasarjana masih bertempat di lokasi lama, yakni Salemba, Jakarta. (Universitas Indonesia, 1992 : 23-24)

    Kawasan kampus hijau ini memiliki luas 320 hektar. Namun hanya 25% wilayah UI ini yang digunakan sebagai sarana akademik, riset, dan kesiswaan. Sementara 75% wilayah UI merupakan area hijau berwujud hutan kota dimana di dalamnya terdapat 8 danau alam. ( http://www.ui.ac.id/id/profile/page/pengantar )

    Mblusukan perlu waktu yang panjang meski sudah menggunakan sepeda. Apalagi pemandangan di sana sangat indah. Arsitektur bangunan tiap fakultas atau tiap bangunan yang berdiri di sana unik – unik. Tata ruang tamannya pun nampak rapi. Sebagai hutan kota, tak pelak udara terhirup segar pula. Memang perjalanan jadi sedikit macet karena menikmati semua itu. Sesudah itu, melepaskan lelah itu, baiknya kira – kira ketika ultra violet hampir habis bersinar. Kemudian “rehat kopi” di kantin Masjid UI. Di sana suguhan panganan sangat banyak dan enak – enak. Biar dikata “rehat kopi” tapi tak betul – betul pesan kopi tak mengapa kok, karena di sana bisa menikmati minuman lainnya… makanan … dan pemandangan lainnya juga. :) (Q)


    Sumber :
    http://www.ui.ac.id/id/profile/page/pengantar
    Universitas Indonesia. 1992. Depok : Universitas Indonesia.
    (c) Copyright 2010 lampu bunga. Blogger template by Bloggermint